5 Langkah Praktis Selaraskan Pakaian Dengan Gaya Hidup Anda

5 Langkah Praktis Selaraskan Pakaian Dengan Gaya Hidup Anda

Pernahkah Anda mendapati diri Anda dalam skenario berikut? Anda sebagai wanita sudah mempunyai satu lemari penuh pakaian yang bahkan ada beberapa potong yang labelnya saja belum anda lepas. Namun setiap kali anda memadu padan di depan cermin selalu  saja tidak ada yang pas, anda lalu berkeluh kesah bahwa anda tidak punya baju untuk dikenakan. Begitu juga dengan kebanyakan  wanita. Tapi, coba tebak! Ada satu alasan sederhana mengapa hal ini terjadi. Bersiaplah untuk menemukan jawabannya dengan  memainkan Permainan “Lingkaran Hidup”. Sebuah lingkaran sederhana adalah kunci untuk memecahkan misteri yang sudah ada selama seabad tentang mengapa wanita memiliki lemari yang penuh dengan pakaian tetapi tak punya busana untuk dikenakan. Permainan  Lingkaran Hidup adalah langkah pertama untuk menyusun koleksi pakaian agar sesuai dengan hidup Anda.

Dan ladies, bukanlah hal yang terlalu dibesar-besarkan bila dikatakan bahwa latihan ini adalah pengalaman yang mengubah hidup Anda.Hasilnya, anda akan mendapat pencerahan dan inspirasi, dan anda benar-benar tidak pernah memandang koleksi anda mereka seperti dulu lagi.Beginilah caranya. Anda akan menciptakan Lingkaran Hidup. Ini adalah langkah pertama untuk menemukan diri Anda yang  sebenarnya dalam lemari pakaian Anda. Tujuannya adalah agar Anda dapat menemukan dengan tepat bagian yang hilang dari koleksi pakaian Anda. Lingkaran Hidup Anda juga memungkinkan Anda membuat daftar belanja dan membantu memahami mengapa lemari pakaian Anda harus selaras dengan hidup Anda. Permainan ini memakan waktu satu jam, jadi rencanakanlah untuk berkonsentrasi, dan  bersiaplah untuk menemukan lebih banyak hal “mencerahkan” tentang diri sendiri lebih dari apa yang pernah Anda impikan. Oke?  Mulai!

LANGKAH 1

Buatlah gambar lingkaran di selembar kertas kosong (gunakan kertas ukuran A4). Buatlah diagram lingkaran,lingkaran sederhana yang dipotong-potong ke dalam beragam ukuran yang berbeda. Ukuran masing-masing potongannya dibuat berdasarkan  aktivitas dalam hidup Anda.

LANGKAH 2

Di lembar kertas kedua, buatlah daftar setiap kategori aktivitas yang Anda lakukan (yang menggunakan pakaian!) di  saat Anda terjaga. Aktivitas-aktivitas ini harus komprehensif—malam, akhir pekan, sesuai musim, dan bahkan aktivitas untuk  acara-acara khusus juga dimasukkan dalam daftar ini, bersama dengan aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari.

LANGKAH 3

Perkirakan persentase waktu yang Anda habiskan untuk setiap kegiatan. Untuk mendapatkan gambaran yang sebenarnya,  buatlah lingkaran hidup Anda berdasarkan periode empat minggu, kurang lebih satu bulan. Banyak wanita akan memperoleh  pemahaman yang lebih luas bila mereka menggunakan waktu satu bulan sebagai panduan untuk mengetahui bagaimana cara mereka  menghabiskan waktu. Hal itu disebabkan karena jumlah waktu akhir pekan dalam setiap bulannya bisa berbeda-beda. Contohnya, anggaplah rata-rata waktu Anda terjaga setiap harinya dimulai dari jam 07.00 sampai 23.00. jam 07.00 sampai 23.00 = 16 jam 16  jam x 7 hari = 112 jam selama satu minggu 112 jam selama satu minggu x 4 minggu = 448 jam per bulan. Sekarang, hitunglah  waktu yang Anda habiskan untuk setiap aktivitas sepanjang periode empat minggu. Kemudian gunakan untuk menghitung persentase  waktu yang Anda gunakan untuk aktivitas itu. Misalnya, jika Anda bekerja empat puluh jam seminggu: Anda bekerja 160 jam  selama empat minggu. Bagilah 160 jam dengan 448 jam bulanan Anda: Anda bekerja sebesar :36 persen dari lingkaran hidup Anda. Anggaplah jumlah waktu yang digunakan untuk kehidupan sosial Anda adalah 46 jam selama sebulan. Bagilah 46 jam itu dengan 448  jam, dan hasilnya adalah 10 persen digunakan untuk kebidupan sosial Anda. Kalau Anda memiliki anak, aktivitas Anda dengan  mereka bisa menghabiskan, misalnya saja, 42 jam seminggu, atau 168 jam sebulan. Bagilah 168 jam dengan 448 jam, hasilnya 38  persen. Perkirakan aktivitas Anda dan persentasenya sampai lingkaran itu melambangkan seratus persen hidup Anda. Tuliskan  angka-angka persentase ini di sebelah daftar aktivitas yang tertulis di kertas Anda. Anda mungkin perlu membagi-bagi lagi  angka persentase setelah melengkapi lingkaran Anda.

LANGKAH 4

Lihat lagi lingkaran Anda. Bagilah lingkaran itu menjadi potongan-potongan yang sesuai dengan persentase yang baru  saja Anda buat.

LANGKAH 5

Dalam setiap potongan lingkaran, tulislah daftar aktivitas dalarn hidup Anda. Di sebelah lingkaran, tulislah daftar jenis pakaian yang Anda kenakan saat melakukan aktivitas tersebut. Untuk potongan aktivitas kerja, tulislah apa yang Anda kenakan untuk bekerja. Untuk beberapa wanita, ini berarti setelan jas kerja, celana panjang, twin sweater set, dan berlapis-lapis busana rajut. Sementara bagi wanita lainnya busana yang digunakan bisa jadi paduan business casual, misalnya bawahan khaki dengan sweter, dan hanya sekali-sekali saja menggunakan gaun, rok, dan jas.

Yang perlu Anda perhatikan dalam berpakaian

Kalau jenis pekerjaan Anda cenderung terbagi sendiri dengan jelas ke dalam pakaian yang kasual dengan setelan jas  kerja yang lebih formal (misalnya, kalau Anda seorang konsultan yang bekerja di rumah dengan mengenakan jins selama enam  puluh persen dari waktu Anda dan mengenakan busana rancangan desainer untuk bertemu dengan klien di empat puluh persen  sisanya). Anda mungkin mau membagi kembali potongan lingkaran kerja sesuai keadaan Anda. Dengan berubahnya aturan tentang  tata cara berpakaian di tempat kerja dan kini berjuta-juta orang bekerja di rumah atau dalam situasi kerja yang fleksibel,  variasi dari setiap ketentuan tata cara berpakaian di tempat kerja menjadi tak ada habisnya.  Bila Anda bekerja di rumah dan  berhubungan melalui media elektronik, tulislah persentase waktu yang dipergunakan untuk itu dan tulislah juga pakaian yang  biasa Anda kenakan untuk bekerja di rumah. Bila Anda mengenakan pakaian kerja rapi untuk bekerja di rumah, tuliskan dalam  daftar Anda. Banyak orang melakukan hal ini agar mendapatkan suasana hati yang tepat untuk bekerja. Ada beberapa orang yang  bangun, memakai setelan jas, berjalan ke kantor mereka yang terletak di bagian lain dari rumah mereka, dan melepaskan jas.  Sebaliknya, banyak pelaku bisnis yang bekerja di rumah, duduk menghadapi komputer dengan menggunakan jins, busana katun rajut santai, atau piama. Kalau Anda seperti itu, tulislah juga dalam daftar Anda. Kemudian buatlah daftar pakaian pilihan untuk  aktivitas lainnya di potongan diagram yang sesuai.

Mungkin Anda menggunakan pakaian yang sama saat mengerjakan berbagai  pekerjaan rumah tangga, seperti berbelanja bahan makanan, jalan-jalan, melakukan kegiatan suka rela jadi tulislah semua itu  di salah satu potongan dari diagram Anda. Mungkin Anda membutuhkan pakaian formal untuk berbagai pertemuan sosial dan  perjamuan. Untuk berolahraga mungkin ini berarti legging dan sports bra untuk aerobik. dan celana pendek dan t-shirt untuk  berjalan kaki sepanjang tiga kilometer. Tuliskan kegiatan di atas di potongan diagram yang berbeda dan hitunglah  persentasenya. Di sini mungkin Anda perlu membagi persentasenya lebih lanjut untuk memperlihatkan perinciannya.

Di pihak lain, jangan ragu untuk mengelompokkan jenis-jenis pakaian Anda. Contohnya, kalau Anda menggunakan pakaian yang sama untuk pergi berburu barang antik dan menghadiri pertemuan sosial daftarkanlah kedua hal itu dalam satu potongan diagram dan  tentukan persentasenya. Pakaian untuk di pantai dan berperahu sering kali sama dan bisa berbagi satu potongan diagram yang  sama. Kalau kegiatan bersosialisasi berarti jalan bersama teman atau rekan kerja langsung sepulang kerja dan tidak berganti  pakaian, Anda harus memberi catatan tentang hal ini di potongan diagram baju kerja Anda. Pakaian yang Anda kenakan saat  menjamu tamu di rumah atau jalan dengan teman-teman di akhir pekan mungkin sama dan dapat digabungkan dalam satu potongan  diagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *